WEBSITE SEBAGAI SARANA E-BUSINEES DAN E-COMMERCE

Kemajuan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi ,semakin banyak orang-orang menggunakan fasilitas yang ada dimanfaatkan untuk mencari uang dan sarana yang bisa kita gunakan salah satunya adalah Website. Website yang digunakan sebagai sarana bisnis dan perdagangan elektronik ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang begitu banyak, efisien dan efektif. Tidak perlu datang ke tempatnya jauh-jauh ,cukup menyalakan komputer anda,lalu aktifkan modem anda,setelah terkoneksi jendela dunia sudah ada didepan anda.terlihat manusia dimanjakan sekali dengan segala kemudahan yang ada.dan kita hanya tingga memanfaatkan fasilitas yang ada.apa sih yang dimaksud dengan E-businees dan E-commerce ? secara garis besar adalah sebuah transaksi jual beli atau pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik yang terhubung dengan jaringan internet .dan didalam E-business dan E-commerce ini mempunyai komponen-komponen yang mendukung E-business dan E-commerce ini terbentuk dan diantaranya adalah Review tools,CMS,Architecture,Succes story,Payment Gateway,dan Security.dan website yang saya gunakan sebagai contoh adalah bhineka yang sudah terkenal dengan EBC nya.
1.Review tools adalah sebuah alat yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk

2.CMS adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola gadget dan isi yang terdapat dalam website

3.Architecture adalah rancangan tampilan atau view pada sarana contonya website yang dibuat semenarik mungkin agar pelanggan lebih comfort dengan website kita

4.Succes story adalah kisah atau latar belakang kesuksesan atau kegagalan dalam peembuatan,mengembangkan,mengelola,dan menjaga produk kita tetap digunakan.

5.Payment gateway adalah sebuah pembayaran atau transaksi yang dilakukan secara elektrik tentunya setelah melakukan verifikasi ,dan indentitas pembeli

6.Security merupakan tindakan untuk melakukan proteksi terhadap tindakan kejahatan seperti pencurian dari para hacker ,tentunya agar memberikan rasa aman kepada konsumen

Review Tools

bhinneka.com mempunyai beberapa tools untuk mengembangkan websitenya diantaranya:
 Search engine yang memadai yang membuat pembeli nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan
 Catalog yang ditampilkan jelas hingga pembeli bisa dengan cepat mencari barang yang dia butuhkan
 Keamanan yang diberikan juga terjamin karena setiap user harus registrasi terlebih dahulu,dan bhinneka juga memverifikasi data pembeli dengan benar
 Penempatan tampilan sangat bagus,disamping desainnya ada latar belakang bangsa indonesia ,view nya sangat menarik

CMS (content management system)

Dalam kasus ini, jika si pelaku bisnis membuat toko online hanya dengan rencana konvensonal, bisa dilakukan hanya dengan mebuatnya dengan konsep standar, selesai. Contoh di Indonesia adalah merebaknya toko online yang hanya membuat website yang hanya seperti brosur berbentuk website yang dilengkapi beberapa fitur standar dari CMS (content management system) yang mereka gunakan.Namun jika ingin membuat toko online dengan perencanaan strategis, diperlukan sebuah analisa yang akan digunakan sebagai pertimbangan pembuatan rencana dan keputusan pada konsep Pada toko online Bhinneka, mereka tak hanya menampilkan barang seperti brosur online, tapi juga dilengkapi dengan berbagai value add yang tidak dimiliki pesaingnya. Salah satu fitur unggulan mereka adalah TawarOnline™. Melalui TawarOnline™, pembeli bisa tawar menawar harga barang seperti kalo mereka beli di pasar. Konsep TawarOnline™ ini ternyata adalah pertama dan satu-satunya di dunia. Value add mereka tak hanya itu, ada juga fitur Rancang Sendiri yang memungkinkan pembeli merancang sendiri komputer mereka. Dan fitur-fitur lain seperti mobile shop, tracking service, photography page, eCare, dan sebagainya. Dari sinilah Bhinneka berani bersaing.


Architecture


Faces Of Indonesia
Pada desain sebelumnya Bhinneka.Com mengangkat tema “Only The Paranoid Survive”, sebuah buku karangan Andrew S. Grove (mantan CEO Intel) yang sangat inspiratif. Kali ini Bhinneka.Com hadir dengan tema “Faces Of Indonesia” yang menampilkan keragaman topeng Indonesia yang merupakan kekayaan budaya bangsa. Mungkin terasa agak bertolak belakang dimana Bhinneka.Com yang merupakan situs e-commerce produk-produk teknologi tinggi yang sangat erat dengan modernitas, justru dikelilingi oleh topeng-topeng yang bernuansa tradisional. Inilah upaya sederhana kami untuk terus mengingatkan kita semua akan keluhuran budaya bangsa.



Success Story

Kalau mau dirunut sejarahnya, Bhinneka mulai berdiri pada tahun 1993 (17 tahun yang lalu) sebagai toko offline biasa. Pada saat-saat awal ini, Bhinneka mempunyai fokus bisnis sebagai pemegang merk dan distributor untuk produk printer format lebar dan PC. Kemudian pada tahun 1998, krisis ekonomi menimpa Indonesia (dan seluruh Asia) yang menelan korban yang tidak sedikit. Bhinneka menjadi salah satu korban ini
Kebanyakan para pelaku bisnis mungkin sudah paham bahwa keberhasilan dan kelanggengan sebuah bisnis tidak bisa hanya didasarkan kepada ide yang cemerlang atau modal yang berjuta, tapi penting juga dibumbui dengan kedisiplinan, keteguhan dan ketekunan yang tinggi dari si empunya bisnis. Tambahan lagi, supaya bisnis bisa bertahan hidup, pangusahanya harus jeli melihat situasi di luar supaya bisa dengan cepat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi.
Bhinneka.com adalah salah satu contoh bisnis, yang bukan saja berani ‘banting-setir‘ disaat masa-masa krisis, tapi bahkan berhasil melewati masa-masa suram tersebut dan bertahan hidup sampai sekarang.

Payment gateway

Selama ini visitor Bhinneka kebanyakan hanya mencari informasi spesifikasi mengenai sebuah produk elektronik, namun tidak melakukan pembelian dan memilih membeli secara offline di toko komputer. Dengan kerjasama ini pastinya akan jauh lebih mudah untuk melakukan pembelian langsung secara online. Meskipun demikian metode yang diterapkan masih cenderung tertutup dan kurang fleksibel.
Untuk saya, ini adalah pembukaan dari makin maraknya industri e-commerce yang memang telah lama menunggu sebuah sistem pembayaran online. BCA sebagai salah satu bank yang memiliki basis pengguna cukup besar nampaknya mampu menempatkan diri (secara eksklusif) sebagai penyedia pembayaran online lokal pertama.
Berarti kita tinggal menunggu langkah pengembangan dari bank-bank lainnya seperti Mandiri, BNI, dkk yang tergabung dalam ATM Bersama. Jika bank-bank ini juga meluncurkan sistem pembayaran online yang terintegrasi (dan semoga bisa lebih fleksibel), maka lengkap sudah infrastruktur untuk mendongkrak bisnis online di Indonesia.


Security


Keamanan yang diberikan di bhinneka adalah salah satu pelayanan yang diberikan kepada pembeli,tentunya barang yang dipesan harus sesuai dengan permintaan pembeli,keamana yang digunakan oleh bhinneka sudah cukup baik,dimana setiap pembeli diharuskan registrasi terlebih dahulu jika ingin memesan barang ,hingga bisa dipastikan setiap pembeli mempunya id pembeli sendiri yang tidak mungkin sama.


Sumber:

http://www.bhinneka.com/aspx/backstage/oth_backstage_faces.aspx
http://dailysocial.net/2010/10/15/perjalanan-panjang-bhinneka-untuk-menjadi-nomer-satu/

Senin, 18 Oktober 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to " "